PERHATIAN !!! TIDAK MENERIMA HALAMAN DEWASA, BERBAU SARA, DAN SEGALA BENTUK YANG DAPAT MENIMBULKAN KONTROVERSI.
CAUTION !!! NO ADULT PAGE AND ALL FORMS OF WHICH CAN CAUSE CONTROVERSY.

Sunday, May 29, 2011

Buat Pencari Kerja: Hati-hati dengan Status dan Comment di Facebook Anda!

Hati-hati dengan status dan comment facebook Anda! Itulah pesan yang akan saya sampaikan. Setiap kali saya melihat status facebook, hampir mayoritas berisi dengan ucapan atau kata-kata yang dapat mematahkan semangat atau mengeluh! Seandainya saya pemilik perusahaan, pasti saya tidak akan menerima orang tersebut untuk bekerja di perusahaan saya. Dan banyak lagi status para facebookers yang tidak bernilai positif! Untuk itu, mulailah meluncurkan status bernada positif, siapa tahu ada teman Anda yang tertarik dengan kepribadian Anda. Berikut artikel yang akan mengupas masalah ini:

Jika dulu untuk mencari kerja harus memiliki cover letter dan CV yang memuaskan, kualifikasi yang sesuai, dan akses besar ke informasi lowongan kerja, maka saat ini ada tambahan satu hal yang juga harus diperhatikan, yaitu konten social media yang pernah dipublish untuk publik.

Mengapa hal ini menjadi satu penting yang harus diperhatikan? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh CareerBuilder.com menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan merambah ke social media untuk melakukan background check terhadap calon karyawan mereka. Sebesar 45% dari perusahaan 'melongok' social media sebagai salah satu cara bahan pertimbangan atau screening terhadap calon karyawan. Sebuah peningkatan sebesar 100% setelah setahun sebelumnya hanya 22% dari perusahaan yang melakukan hal ini.
Bagaimana di Indonesia

Mungkin hal yang sama tidak terjadi di Indonesia. Rasanya belum terlalu banyak human resource department perusahaan yang berniat melakukan background check hingga ke social media. Kebanyakan masih melakukannya dengan bantuan referensi yang disertakan dalam surat lamaran. Akan tetapi mengingat besarnya pengguna situs jejaring pertemanan di Indonesia seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, MySpace, YouTube, tinggal menunggu waktu hingga HRD mulai searching nama calon karyawannya di Facebook untuk menilai atau mengetahui lebih jauh tentang calon tersebut.
Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa sayangnya, para pencari kerja justru sering kali mengabaikan konten social media mereka, dengan pertimbangan bahwa tidak akan memberikan pengaruh bagi penilaian sebagai seorang karyawan. Well, they are proven wrong.
Pandangan Perusahaan

Beberapa alasan yang membuat manajemen enggan mempekerjakan calon karyawan karena konten social media mereka antara lain :

Kandidat memposting konten tentang kebiasaan minum atau menggunakan obat-obatan.
Kandidat menjelek-jeleknya perusahaan tempat ia bekerja dulu.
Kandidat membuat komentar yang berbau SARA atau diskriminatif
Kandidat berbohong tentang kualifikasinya.
Kandidat memposting informasi dari perusahaan tempat ia pernah bekerja.

So, what should you do?

Lalu bagaimana dengan Anda yang sedang dalam proses mencari kerja? Apakah Anda harus ‘puasa’ update status dan memajang foto-foto di akun Facebook? Atau berhenti Twitting sementara sampai ada kepastian? Tentunya tidak sejauh itu. ‘Toh bersosialisasi di dunia maya adalah hak Anda. Rasanya Anda pasti setuju kalau sebenarnya selama kompetensi dan kinerja Anda memuaskan, pertimbangan berdasarkan kegiatan personal Anda tidak bisa dijadikan alasan untuk batal mempekerjakan Anda. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal untuk menampilkan reputasi dunia maya yang positif, diantaranya:

Perhatikan album foto online Anda di Facebook, atau tempat lainnya. Hapus foto yang bisa merusak reputasi Anda.
Jangan memamerkan hal-hal negatif ke dunia luar. Fokuskan kepada hal positif, baik yang berhubungan dengan dunia professional maupun personal.
Cobalah untuk membuat grup khusus untuk profesi Anda atau bergabunglah dengan professional group yang ada di FB atau media lainnya. Ini salah satu cara menjalin hubungan dengan para pemimpin, rekruter atau sesama profesi.
Selektif menerima teman. Hanya karena orang meng-add Anda sebagai friend bukan berarti Anda harus selalu menerimanya. Anda tidak akan pernah tahu siapa dibalik nama di FB atau Twitter.
Jika Anda masih bekerja atau terikat dengan perusahaan tertentu, jangan membeberkan pencarian kerja Anda di dunia maya. Bukan tidak mungkin manajemen tempat Anda bekerja sekarang mengetahui hal tersebut dan menilai rendah loyalitas Anda.
NVIDIA - Badaboom

Mungkin Anda LIKE Juga Artikel Berikut: